Posted by Tutorial Service Center Komputer, Printer, Monitor dan Laptop on Selasa, 05 Agustus 2014
Cara Melacak Elco Rusak Dengan ESR Meter - servicegratisan.blogspot.com
Semua teknisi pasti mempunyai pengalaman yang sama bahwa perangkat
elektronik yang sudah berumur pada umumnya sering dijumpai ada beberapa
elco yang kering atau turun nilainya, terutama banyak diketemukan pada
pesawat merk-merk china. Elco yang kering dapat menimbulkan berbagai
macam gangguan yang kadang sulit dilacak atau bahkan dapat membuat
bagian-bagian tertentu tidak kerja sama sekali, terutama jika digunakan
pada sirkit yang bekerja pada frekwensi tinggi seperti SMPS (Switch Mode
Power Suply) dan bagian Horisontal. Elco kering terkadang membuat
teknisi pusing kepala dan memakan banyak waktu saat melacak kerusakan.
Banyak teknisi menyiasati masalah ini dengan cara langsung mengganti
semua elco yang ada, dengan tanpa mempedulikan apakah elco - elco
tersebut rusak atau tidak. Hal ini umumnya memang cukup berhasil. Tetapi
terkadang elco pengganti kualitasnya tidak bagus, sehingga pesawat
rusak ulang setelah dipakai beberapa waktu. Mengganti semua elco juga
merupakan suatu masalah sendiri jika sirkit yang diperbaiki banyak
menggunakan elco. Penggunaan ESR meter ternyata merupakan pilihan yang
paling tepat untuk mengatasi problem-problem diatas. Kami sarankan ESR
meter merupakan tool yang wajib dimiliki oleh setiap teknisi setelah
avo-meter.
Keuntungan menggunakan ESR meter :
1. ESR meter dapat Melacak elco rusak dengan waktu lebih cepat karena tidak perlu melepas elco (in-circuit tester) satu persatu.
2. Hanya elko rusak yang diganti
3. ESR meter dapat digunakan untuk memeriksa kualitas elco baru maupun
bekas. Kadang perangkat elektronik rusak lagi setelah service hanya
disebabkan karena elco baru yang dipasang ternyata kualitasnya jelek.
4. Elko yang jika di cek menggunakan ohm-meter kadang hasilnya menipu.
Karena kalau dicek dengan ESR meter ternyata ESR-nya sudah menjadi
besar(elco rusak).
5. ESR meter dapat dipakai untuk memeriksa flyback yang short pada
gulungan bagian primer (antara pin-B+ dengan pin-Kolektor), def yoke
yang short, bagian primer tranfo power yang short.
6. ESR meter dapat untuk mengetahui apakah re-chargeable bateri masih
baik. Re-chargeable bateri yang sudah rusak umumnya ESR-nya lebih besar
jika dibanding yang masih baik.
7. ESR meter dapat untuk melacak jalur printed yang bocor/short
8. Dengan membandingkan pada kapasitor yang masih baik, ESR-meter dapat
dipakai untuk memeriksa kapasitor dengan nilai ribuan pf.
Catatan :
1. ESR meter tidak dapat untuk mengetahui elco bocor atau short. Untungnya jarang sekali terjadi kerusakan elco short.
2. ESR meter hanya cocok untuk memeriksa elco dengan nilai mulai 0.47uF ke atas.
Apakah sebenarnya ESR itu?
Umumnya parameter yang dimiliki sebuah elco yang dipahami oleh teknisi
adalah “tegangan kerja maksimum” dan “nilai kapasitansi”. Pada hal
sebenarnya masih ada beberapa parameter lain misalnya adalah
"temperature kerja maksimum" (85 atau 105 derajat C) dan "ESR"
(Equivalent Series Resistance).
Kecuali bersifat kapasitif, dalam prakteknya elco juga mempunyai
karakteristik “resistif” yang disebabkan karena kombinasi resistansi
kaki-kakinya, sambungan internal, plat dan elektrolit. Karakteristik
resistif inilah yang membentuk ESR, karena kalau digambarkan maka
seakan-akan seperti dipasang seri dengan kapasitansi elco tersebut.
* Idealnya ESR sebuah elco adalah nol, tetapi dalam praktek hal ini tidak mungkin.
* Elco tegangan tinggi cenderung mempunyai ESR yang lebih besar dibanding elco tegangan rendah
* Elco dengan nilai kapasitan kecil cenderung mempunyai ESR lebih besar dibanding elco nilai besar.
* Elco 105 derajad (C) cenderung mempunyai ESR lebih besar dibanding elco 85 derajad (C).
Jadi pemahaman gampangnya :
semakin kecil ESR (hambatan / resistansi)sebuah elco, semakin baik kondisi elco tersebut.
kebalikannya :
semakin besar ESR (hambatan / resistansi)sebuah elco, semakin buruk kondisi elco tersebut.